Catatan di Waktu Senggang: Renungan Akhir Tahun

Jumat, 30 Desember 2011

Renungan Akhir Tahun


Tidak terasa tahun 2011 sudah mendekati akhir, tidak sampai 48 jam lagi tahun akan berganti  ke 2012. Mungkin kita sudah punya rencana acara yang akan kita ikuti atau adakan dalam rangka mengisi waktu di pergantian tahun. Namun perlu kita pikirkan juga Apa yang sudah kita lakukan pada sepanjang tahun 2011? apakah kita sudah melakukan berbagi hal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri kita? dan apakah kita sudah membuat rencana atau dasar untuk menghadapi tahun yang akan datang?


Penting kita untuk introspeksi diri pada pergantian tahun karena beberapa hal:
  1. Waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali (kecuali ditemukan mesin waktu), jadi jika kita telah melewatkan waktu pada tahun ini tanpa melakukan sesuatu yang berarti bagi diri kita maka harus kita tetapkan bahwa tahun depan adalah tahun untuk berbuat dan berkarya yang berarti bagi diri kita.
  2. Rencana apa yang telah kita buat untuk tahun ini tapi belum terwujud karena berbagi hal maka tahun depan adalah tahun yang kita tetapkan untuk mewujudkan rencana tersebut agar cita-cita kita bisa segera terwujud.
  3. Kesalahan, kegagalan dan keberhasilan apa saja yang telah kita alami tahun ini dan semua itu harus kita jadikan pelajaran dan dasar untuk menghadapi tahun depan 
  4. Tahun depan adalah waktu yang tidak bisa kita ketahui keadaannya, berbagai hal bisa terjadi dan hal tersebut bisa membawa dampak yang besar pada diri kita. Perlu kita renungkan apakah berbagai bekal kita baik spiritual dan material sudah cukup untuk menghadapi berbagai hal yang akan datang di  tahun depan.
  5. Semakin banyak  tahun demi tahun kita lewati maka semakin dekat pula kita dengan kematian. Jadi perlu    kita renungkan apakah tahun demi tahun yang telah kita lewati sudah bisa membantu kita dalam menghadapi kematian yang sudah semakin dekat.  
Tidak ada salahnya kita bersenang-senang karena memang bermanfaat tapi tetap harus kita ingat bahwa hidup kita harus diisi dengan hal lain yang juga bermanfaat  agar seimbang.
Semoga bermanfaat....





3 komentar :

  1. keren ya bro infonya... mohon joinya di blog saya kereninfo.blogspot.com :)

    BalasHapus
  2. mesin waktu tidak ada hanya dalam dongeng saja seperti Dora Emon

    BalasHapus
  3. antara senang dan sedih itu lah keadaan tahun baru..
    senang menyambut tahun baru, sedih karena belum mencapai target di tahun yang lalu..

    BalasHapus

host gator coupon Link Bait Service SEO Software