Catatan di Waktu Senggang: Sikap Positif Dalam Bekerja

Jumat, 23 Desember 2011

Sikap Positif Dalam Bekerja

Beberapa jam  yang lalu saya ngobrol dengan teman lewat facebook. Dia mengatakan bahwa saat ini sedang kesal dengan kondisi kerjanya. Bukan kesal  dengan pekerjaan yang dilakukan tapi kesal  dengan sikap  atasannya saat memberi instruksi yang dinilai  keterlaluan dan menganggap dia benar-benar bawahan yang bisa seenaknya disuruh-suruh.

Hal ini membuat saya tertarik dan mengingatkan betapa dinamisnya dunia kerja. Banyak yang bisa terjadi di dunia kerja yang bahkan tidak pernah terlintas dalam pikiran saat pertama mulai masuk dunia kerja. Mulai dari deadline pekerjaan, sifat  atasan, sifat bawahan juga sifat rekan kerja satu ruangan dimana membawa dinamika masing-masing dan menuntut kita agar selalu siap dan fleksibel menghadapi setiap tantangan yang ada dan sikap yang positif adalah kunci dalam menghadapi permasalahan.

Berikut sikap positif yang bisa kita lakukan dalam bekerja

Pertama. Sebagai bawahan saat masuk kerja pada suatu perusahaan sudah barang tentu kita tidak bisa memilih ingin bekerja dengan atasan yang seperti  apa, penempatan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.  Yang bisa kita  lakukan  adalah mempersiapkan diri kita menghadapi dan kemudian mengenali sifat atasan yang bagaimanapun. Jika langkah tersebut telah kita lalui maka kita bisa menentukan bagaimana kita bersikap di hadapan atasan kita. Sikap yang tepat akan meminimalkan kemungkinan pertentangan yang bisa terjadi. Jika sikap atasan menurut kita kurang tepat tidak perlu kita bersikap  yang sama karena jika kita bersikap sama maka keadaan akan semakin kacau dan pastinya penilaian atasan ke kita jadi selamanya jelek akibatnya karir kita bisa jadi mentok. Untuk mengurangi perasaan yang tidak enak bisa kita berpikir bahwa kita bekerja untuk diri kita sendiri, apa yang kita dapat dari pekerjaan jika bisa bekerja dengan baik kita juga yang akan menikmati. 

Kedua. Sebagai atasan, kita harus bersikap yang positif terhadap bawahan.Janganlah kita memandang mereka sebagai bawahan yang benar-benar bisa kita beri perintah dengan sikap semau kita. Dalam budaya kerja di perusahaan modern sudah tidak dipakai lagi istilah atasan bawahan yang ada adalah rekan kerja meskipun tetap  dibedakan dalam posisi struktural di perusahaan. Mengapa disebut rekan kerja karena masing-masing mempunyai fungsi dan tugas yang saling mendukung, kerja sama dan sinergi yang baik antar rekan kerja  akan mampu menyelesaikan tugas yang diembankan perusahaan. Tugas utama atasan adalah membimbing bawahan agar bisa bekerja dengan baik sesuai prosedur dan sikap atasan yang tepat dalam membimbing merupakan kunci yang bisa memotivasi bawahan untuk bekerja sesuai harapan atasan sehingga target yang dibebankan perusahaan bisa dicapai.

Demikian sikap yang bisa kita lakukan dalam dunia kerja agar bisa bekerja dengan baik yang akhirnya akan memberi kontribusi yag positif bagi perusahaan dan mungkin masih banyak lagi...
untuk teman saya..semoga bisa menghadapi situasi yang sedang sulit dan tetap semangat

Semoga bermanfaat

2 komentar :

  1. hohoho ... bersikap dan berpikir positif itu memang harus selalu dilakukan agar hasilnya juga baik ;)

    BalasHapus
  2. betul apabila kita selalu berpikir positif maka energi yg didapat positif juga

    BalasHapus

host gator coupon Link Bait Service SEO Software