Catatan di Waktu Senggang: Menjalani Hidup Indah

Minggu, 04 Desember 2011

Menjalani Hidup Indah

Informasi yang sangat mengagetkan bagi saya saat saya dan beberapa teman SMA ngobrol di facebook yaitu salah seorang teman kami telah meninggal dunia karena bunuh diri. Padahal yang saya tahu saat di SMA dia aktif sekali di kegiatan keagamaan. Sering kali justru dia yang mengingatkan saya dan juga mengajak saya untuk mengikuti kegiatan keagamaan. Menurut informasi yang saya dapat bahwa dia nekat melakukan hal tersebut karena menghadapi masalah yang besar.

Saya jadi berpikir apakah begitu parah masalah yang dihadapi sehingga dia mengambil keputusan seperti itu. Kita semua tak pernah lepas dari masalah, justru masalah yang kita hadapilah yang akan membuat kita semakin baik dan kuat menghadapi kehidupan ini. Saya memang tidak menghadapi masalah teman saya tersebut sehingga memungkinkan saya untuk berbicara seperti itu. Tapi yang saya tahu sesuai pengalaman saya bahwa setiap masalah ada jalan keluarnya dan (ini yang penting) beberapa masalah yang datang ke diri kita adalah akibat ulah kita sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan agar bisa menjalani hidup dengan indah

  1. Kita pandang masalah yang datang bukanlah masalah tapi tantangan untuk membuktikan kemampuan kita dalam menjalani hidup. Setiap masalah yang bisa kita selesaikan berarti menambah ilmu kehidupan kita.
  2. Jika kita harus mengambil keputusan yang beresiko maka kita pilih keputusan dengan resiko yang paling bisa kita tanggung di antara beberapa alternatif. Kita hindari keputusan dengan resiko yang tidak bisa diukur.
  3. Kita gunakan prinsip layang-layang untuk memotivasi diri kita. Semakin banyak angin yang menerpa semakin tinggi layang-layang terbang ke udara jadi semakin banyak masalah yang menerpa kita maka semakin tinggi juga prestasi hidup yang kita capai.
  4. Kita selalu bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan. Dengan bersyukur maka hidup menjadi tenang dan mengurangi keinginan-keinginan yang terlalu berlebihan karena keinginan yang terlalu berlebihan yang memicu kita untuk melakukan hal-hal dengan resiko yang tidak terukur.
  5. Agama harus kita jadikan pegangan hidup dengan sungguh-sungguh. Dalam semua agama mengajarkan adanya kehidupan berikutnya setelah mati. Apa yang kita lakukan saat ini membawa dampak pada kehidupan nanti jadi kita harus menjalani hidup saat ini dengan baik agar baik juga yang kita dapat di kehidupan nanti.
Dengan hal-hal diatas semoga bisa mengarahkan kita menjalani hidup dengan indah....semoga bermanfaat


2 komentar :

  1. betul mas...banyaknya cobaan mestinya membuat kita bertambah bijak, dewasa, dan memahami hidup hidup ini..
    i am follow your blog...
    ikut follow jg yah mas di blog saya..

    BalasHapus

host gator coupon Link Bait Service SEO Software