Catatan di Waktu Senggang: Aman Bertransaksi Internet Banking

Selasa, 20 Desember 2011

Aman Bertransaksi Internet Banking

Aktivitas transaksi internet banking sudah menjadi hal umum dalam kehidupan sehari-hari. Sejak ponsel pintar hadir transaksi internet banking semakin banyak dilakukan karena praktis dan bisa dilakukan dimana saja. Saya  termasuk yang rutin menggunakan internet banking untuk berbagai keperluan, misalnya pembayaran tagihan rutin, transfer antar bank dan lain-lain. Menggunakan internet banking sangat fleksible dan efisien dalam segi waktu  dan juga lebih nyaman karena bisa dilakukan di rumah sehingga tidak  perlu  repot antri di berbagai loket pembayaran atau ATM.

Untuk bertransaksi internet banking ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa bertransaksi dengan nyaman dan aman. Beberapa hal tersebut adalah:
  • Sebaiknya kita memiliki rekening di bank dengan peringkat baik, karena bank dengan peringkat baik infrastruktur TI-nya sudah baik sehingga koneksi data saat transaksi internet banking bisa stabil. Salah satu cara untuk mengetahui suatu bank mempunyai peringkat baik bisa dilihat apakah bank tersebut anggota LPS atau tidak.


  • Saat melakukan koneksi internet untuk melakukan internet banking kita pastikan koneksi yang sedang berlangsung adalah koneksi yang aman. Indikator yang bisa kita lihat adalah adanya ikon kunci gembok pada address bar di browser. Ikon tersebut menyatakan bahwa site yang sedang diakses telah  dienkripsi (pengacakan jalur antar komputer sehingga tidak bisa dibaca oleh orang lain melalui komputer lain pada saat bersamaan).
  • Beberapa bank besar (BCA, OCBCNISP, MANDIRI dll)menyediakan alat yang disebut TOKEN bagi para pemilik rekening agar bisa melakukan internet banking dengan aman. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan password yang diminta saat proses internet banking. Jadi saat proses internet banking bisa dipastikan yang melakukan transaksi adalah benar pemilik rekening.
  • Setiap selesai transaksi dengan internet banking jangan lupa untuk menyimpan data transaksi jika sewaktu-waktu diperlukan.
Demikian infonya semoga bisa bermanfaat.......

2 komentar :

  1. menarik infonya dan penting untuk di ketahui oleh pengguna internet banking pemula seperti saya

    BalasHapus
  2. Thanks buat artikelnya yah..

    BalasHapus

host gator coupon Link Bait Service SEO Software