Catatan di Waktu Senggang: Menjaga Motivasi Kerja

Kamis, 21 Juli 2011

Menjaga Motivasi Kerja

Kita mungkin pernah mengalami penurunan motivasi dalam bekerja.Tuntutan tugas yang tinggi, rutinitas kerja yang monoton bisa menjadi penyebab menurunnya motivasi kerja. Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman saya yang saya gunakan untuk menjaga motivasi kerja agar selalu positif.
  1. Buatlah target yang ingin kita capai, baik target jangka pendek ataupun jangka panjang. Contoh jangka pendek misalnya tahun depan saya ingin memasukkan anak ke sekolah favorit. Jangka panjang misalnya ingin menikmati masa pensiun dengan tenang tanpa memikirkan masalah keuangan. Atau bisa juga lho target tahun depan semua hutang kartu kredit sudah lunas..
  2. Selalu tanamkan pada diri kita bahwa semua yang kita lakukan adalah untuk membahagiakan orang yang kita cintai. Bukankah kita rela berusaha semaksimal mungkin untuk orang yang kita cintai, nah kita gunakan hal itu untuk memotivasi diri kita dalam bekerja
  3. Bersikap profesional. Kita bekerja karena dibayar karena itu kita punya tanggung jawab moral untuk selalu bekerja dengan baik. Jangan sampai kita makan gaji buta.
  4. Selalu ingat pada Tuhan. Di semua agama pasti mengajarkan ganjaran atas perbuatan kita di dunia. Pahala akan diberikan atas perbuatan baik kita. Dengan selalu bekerja dengan baik maka sudah tentu selalu pahala yang kita terima. Kalau banyak pahala yang kita terima lumayan banyak bekal kita di kehidupan nanti
Demikian tips yang selalu saya lakukan untuk menjaga motivasi kerja, mungkin tidak sama dengan yang ada di buku-buku motivasi kerja, tapi sangat berhasil bagi saya. Maaf bukan bermaksud sombong, tapi tips diatas membuat saya terpilih sebagai staff teladan sebanyak 7 kali di perusahaan tempat saya bekerja, lumayan....(meskipun banyak rekan kerja saya yang terpilih lebih banyak dari saya...)


3 komentar :

host gator coupon Link Bait Service SEO Software