Catatan di Waktu Senggang: Tips Memanfaatkan Uang THR dengan Baik

Selasa, 26 Juli 2011

Tips Memanfaatkan Uang THR dengan Baik

sumber:google.com

Salah satu hal yang menyenangkan dan selalu ditunggu-tunggu oleh sebagian orang sehubungan dengan lebaran adalah uang THR (Tunjangan Hari Raya). Ya, karena saat lebaran cukup banyak kebutuhan yang harus disediakan. Uang THR tersebut menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran. Karena kebutuhan Lebaran cukup banyak dari makanan sampai pakaian maka perlu cara-cara yang bijak agar uang THR bisa dimanfaatkan dengan baik dan semua kebutuhan Lebaran bisa tercukupi dengan jumlah uang THR yang kita terima. Berikut beberapa tips yang bisa kita gunakan agar uang THR bisa bermanfaat secara optimal
  1. Begitu kita menerima uang THR jangan lupa sedekahkan sebagian karena selain untuk memenuhi kebutuhan Lebaran, uang THR juga harus mendatangkan pahala bagi kita.
  2. Seperti halnya cara belanja yang baik maka kita juga harus membuat daftar kebutuhan yang akan dibeli. Kebutuhan yang akan dibeli disesuaikan dengan jumlah uang THR yang kita terima, sebaiknya biaya untuk membeli kebutuhan saat Lebaran tidak melebihi jumlah uang THR yang kita terima. Daftar belanja ini juga mencegah kita membeli barang yang tidak terlalu kita butuhkan karena emosi sesaat ketika berbelanja.
  3. Saat menjelang Lebaran biasanya pusat perbelanjaan gencar memberikan diskon, sebaiknya kita kunjungi semua pusat perbelanjaan yang ada disekitar kita untuk survey (meskipun pusat perbelanjaan banyak tidak apa-apa kita kunjungi semua, hitung-hitung ngabuburit). Hal ini agar kita bisa memperoleh barang yang kita perlukan dengan kualitas yang baik dan harga yang paling murah sehingga kita bisa semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan Lebaran dengan uang THR yang kita terima.
  4. Jika akan berniat memberi angpao ke sanak saudara saat Lebaran maka dari awal tetapkan jumlah uang untuk tiap orang dan berapa orang yang akan diberi. Hal ini untuk menghindari pemberian angpao yang tidak terkontrol jumlahnya yang bisa mengakibatkan uang untuk angpao sudah habis tapi masih ada saudara belum kebagian.
Demikian beberapa tips untuk memanfaatkan uang THR dengan baik, semoga bisa bermanfaat

    2 komentar :

    1. wah keren nih artikel, memang kalo pengelolaan keuangan tidak di atur secara baik, seperti saya dan keluarga; bagai air di daun talas... :( salam dr bandung )

      BalasHapus
    2. salam kenal juga, terima kasih telah mampir

      BalasHapus

    host gator coupon Link Bait Service SEO Software