Catatan di Waktu Senggang: Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org

Senin, 03 September 2012

Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org

Sebagai orang muslim pasti kita tahu tentang istilah "ZIS" yang sering disebut-sebut.Ya, "ZIS" adalah singkatan dari zakat, Infaq, shodaqoh. Ketiga hal tersebut sebaiknya dilakukan oleh muslim yang mampu, terutama zakat karena merupakan salah satu dari rukun Islam sehingga hukumnya wajib.


Yang seperti kita tahu banyak sekali manfaat dari berzakat, berinfak dan bersodaqoh. Bagi yang mengeluarkan maka pasti akan mendapat pahala dari Allah, membersihkan harta yang kita miliki sehingga harta  kita menjadi berkah, bisa menanamkan empati kita terhadap sesama dan yang pasti harta yang kita keluarkan sama sekali tidak hilang tapi akan  kembali lagi  ke kita berkali lipat. Sedangkan bagi  yang menerima akan memberi  manfaat antara lain mendatangkan kebahagiaan, meringankan beban hidup dan bahkan bisa menjadi sarana pengubah keadaan yang tadinya menjadi golongan penerima zakat (mustahik) menjadi golongan pemberi zakat (muzzaki)....Insya Allah.

Berdasarkan hal diatas dan referensi kutbah beberapa ustad maka saya putuskan untuk rutin berzakat yang tadinya seringkali hanya bersedekah. Efeknya langsung saya rasakan, hidup lebih tenang, menjalani pekerjaan lebih mantap dan yang pasti rejeki selalu mengalir dan hal itu membuat kami sekeluarga selalu bersyukur  karena ternyata selama ini saya dan  keluarga selalu diberkahi oleh Allah. Jika dihitung antara rejeki yang kita dapat dengan yang kita keluarkan untuk zakat pasti lebih besar rejeki yang kita dapat jadi tidak ada alasan untuk tidak berzakat. Seringkali apa yang kita dapat tidak pernah kita syukuri karena kita anggap hal yang biasa tapi jika kita renungkan ternyata hal itu merupakan hal yang besar dan patut kita syukuri. Contohnya kita bisa menghirup udara dengan bebas dan gratis setiap hari, coba jika kita harus bayar harga udara tersebut bisa dibayangkan berapa biaya yang kita keluarkan  seumur hidup, apalagi jika kita dikaruniakan umur panjang......... Subhanallah.

Untuk berzakat, bersedekah atau berinfak banyak cara yang bisa  kita lakukan bisa langsung kita berikan kepada saudara-saudara kita yang berhak atau juga bisa melalui lembaga amil zakat. Kelebihan menyalurkan ZIS melalui lembaga amil zakat adalah ZIS kita akan lebih tepat guna karena biasanya lembaga amil zakat memiliki program-program yang beragam dalam meyalurkan ZIS. Salah satu lembaga amil zakat yang bisa direkomendasikan  adalah Lembaga Zakat Dompet Dhuafa. Lembaga Zakat Dompet  Dhuafa yang awal mulanya adalah sebuah rubrik di harian Republika saat ini telah menjadi lembaga nirlaba yang kompeten dalam menyalurkan ZIS dengan program-program yang beragam dan bertujuan untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa. Yang lebih meyakinkan lagi adalah adanya audit secara periodik oleh lembaga akuntan publik terhadap Dompet Dhuafa untuk memastikan pengelolaan dana ZIS masyarakat berlangsung dengan baik. Salah satu cara lagi menyalurkan ZIS adalah melalui Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org. Cara ini sangat mudah dan nyaman karena berbasis internet jadi dimanapun kita berada dan kapanpun asalkan ada jaringan internet maka kita  bisa menyalurkan  ZIS  kita. Yang menarik dari Marimembantu.org adalah kita bisa menentukan di program mana kita akan menyalurkan ZIS kita. Saat kita  masuk ke laman  Marimembantu.org maka  akan langsung tampil program-program yang membutuhkan bantuan sehingga kita bisa memilih dari program-program tersebut yang menurut kita sangat perlu untuk dibantu, tapi sarannya adalah salurkan ZIS kita ke semua program yang ada karena semakin banyak kita berzakat maka semakin banyak pula pahala yang kita terima....Insya Allah.

Dengan melihat bahwa pahala yang kita  terima dari berzakat, berinfak, bersodakoh sangat besar  dan manfaatnya juga besar dan ditambah lagi banyak cara dalam menyalurkan  ZIS maka tidak ada alasan untuk tidak melaksanakannya. Mari kita salurkan ZIS   kita secara rutin agar memberi keberkahan bagi kita yang mengeluarkan dan juga bagi saudara-saudara kita yang menerima....Amin




7 komentar :

  1. Semoga agan..menang dalam kontes ini...
    salam kenal

    komentar disini ya...

    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus
  2. Dengan ikutan program ini kita sudah membantu secara tidak langsung.
    Mari membantu orang orang yang membutuhkan di sekitar kita juga terlebih dahulu

    BalasHapus
  3. Mari Membantu Mempermudah Sekaligus Membantu Salam Kenal Gan Dari Cafe Amaliun

    BalasHapus
  4. Sedekah, memang tidak semua orang bisa melakukannya, hanya orang-orang tertentu yang sedekahnya akan sangat bernilai, keikhlasan merupakan kunci yang harus kita jaga dengan baik, agar kelai apa yang kita sedekahkan mampu menjadi amal ibadah yang berpahala. Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org merupakan salah satu cara yang cukup menarik untuk kita kerjakan.

    BalasHapus

host gator coupon Link Bait Service SEO Software