Catatan di Waktu Senggang: Mendidik Anak Harus Sesuai Perkembangan Jaman

Minggu, 19 Februari 2012

Mendidik Anak Harus Sesuai Perkembangan Jaman

Pernahkah anda merasa sulit sekali  mengatur anak? selalu susah jika dinasehati, ibaratnya masuk telinga kira keluar telinga kanan. Kita juga membandingkan anak kita dengan diri kita dulu saat kecil. "Waktu kecil saya tidak pernah melawan orang tua, jika dinasehati selalu didengarkan dan jika disuruh oleh orang tua selalu
dikerjakan, tidak  seperti anak   saya sekarang susah sekali  dinasehati", mungkin itu yang ada dipikiran kita.
Tapi  apakah kita pernah memikirkan  bahwa ada kemungkinan orang tua kita dulu saat mendidik kita juga punya pikiran yang sama dengan kita saat ini. Begitu susah, tidak  seperti saat mereka masih kecil.
Setiap anak punya jamannya sendiri dimana ada perbedaaan budaya dalam  pergaulan yang jauh dengan jaman saat orang tuanya kecil. Hal ini tentu membuat sifat dan sikap anak terhadap orang lain atau juga orang tuanya akan berbeda dengan sifat dan sikap orang tuanya saat kecil. Dulu saat kita dinasehati orang tua kita maka kita akan diam mendengarkan karena memang budaya pendidikan dulu selalu mengatakan kita harus menghormati orang tua, saat orang tua menasehati maka kita harus benar-benar mendengarkan dengan patuh. Berbeda dengan budaya pendidikan sekarang dimana anak diajarkan untuk aktif,  agar selalu berani mengeluarkan  pendapatnya. Hal ini yang menyebabkan anak-anak kita selalu menjawab saat dinasehati, sebenarnya bukan maksud mereka melawan tapi hanya berniat mengutarakan pendapatnya. Kita sebagai  orang tua harus bisa bersikap yang tepat agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan anak kita yang nantinya justru membuat anak kita menjadi pendiam dan tidak berani berpendapat karena selalu kita tekankan untuk diam saat  kita menasehati.
Untuk itu perlu kita sebagai orang tua mengenal budaya yang sedang berkembang yang bisa mempengaruhi anak kita. Dengan pendekatan sesuai budaya anak kita, maka akan mudah "masuk" ke pola pikir mereka dan kita bisa menyampaikan apa saja arahan dan nasehat kita sebagai orang tua kepada mereka. Tidak ada salahnya kita tahu bahasa prokem mereka, musik yang senang mereka dengarkan atau siapa artis  idola mereka dan mengapa mereka menyukainya. Hal ini akan memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan mereka karena kita memakai pendekatan-pendekatan yang mereka  sukai.
Jaman akan selalu berubah dan kita harus fleksibel dalam menghadapai  anak  kita. Apa  yang kita lakukan dalam mendidik mereka akan membekas dalam benak mereka dan akan mereka jadikan acuan juga dalam mendidik anak-anak mereka nantinya

9 komentar :

  1. membaca tulisan anda, saya ingin sefera punya momongan..
    salam kenal dan follback ya
    Gerakan Hibah Buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims udah berkunjung....folback sukses

      Hapus
  2. tapi biasanya anak kita kelakuannya itu duplikat kita waktu kecil mas,..itu menurut mak saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...emak saya juga, tapi tetep ada bedanya. Mungkin nenek kita juga berpendapat sama tentang kita...ehhehhehe

      Hapus
  3. makasih info nya, anak saya msh usia 9 bulan , berguna banget neh infonya , trims ya

    BalasHapus
  4. mantap sob unfo nya ..
    salam sukses selalu ..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims udah berkunjung....sukses juga

      Hapus
  5. postingan yang bagus tentang Mendidik Anak Harus Sesuai Perkembangan Jaman

    BalasHapus

host gator coupon Link Bait Service SEO Software