Catatan di Waktu Senggang: Indonesia Lebih Hebat daripada australia

Sabtu, 23 November 2013

Indonesia Lebih Hebat daripada australia

Sepanjang pekan ini berita internasional banyak diisi tentang terungkapnya aksi penyadapan beberapa petinggi Indonesia oleh australia. Hubungan bilateral pun memanas karena australia melalui perdana menteri tony abbot sampai saat ini menyatakan tidak akan  meminta maaf atas aksi penyadapan yang dilakukan australia terhadap Indonesia karena mengganggap penyadapan informasi dari negara lain adalah kewajaran dalam menjaga kedaulatan setiap negara. 



Mungkin penyadapan informasi adalah hal yang wajar tapi hal tersebut hanyalah cocok saat masih berlangsungnya perang dingin antara NATO dan Pakta Warsawa, untuk saat ini sepertinya penyadapan untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan suatu negara sangat tidak relevan. Saat ini setiap negara lebih terbuka dalam menggambarkan peningkatan kualitas negara dalam berbagai faktor. Misalnya Indonesia bahkan dengan gamblang memberitakan akan meningkatkan kualitas pertahanan negara dengan meremajakan Alutsista dan menambah berbagai peralatan militer. 

Terlepas dari kerugian yang Indonesia alami dari penyadapan informasi oleh australia yang pasti sudah berlangsung lama, ada hal positif  yang sangat bisa menumbuhkan rasa bangga bagi anak bangsa yaitu:
  1. Alasan australia melakukan penyadapan terhadap Indonesia adalah untuk mengetahui langkah-langkah strategis yang mungkin sedang dilakukan Indonesia yang bisa berdampak terhadap kepentingan australia. Dengan kata lain australia "SANGAT TAKUT" terhadap Indonesia yang dinilai mengalami berbagai peningkatan di berbagai bidang dalam beberapa tahun belakangan. Padahal kita tahu kondisi negara saat ini masih mengalami banyak krisis seperti korupsi yang masih merajalela, tingkat kemiskinan dan  pengangguran yang tinggi. Dengan kondisi seperti ini saja australia sudah ketakutan terhadap Indonesia apalagi jika kondisi negara Indonesia lebih baik, korupsi menghilang tingkat   kemakmuran bertambah maka  australia pasti akan lebih shock terhadap Indonesia. Hal ini menjadi cambuk bagi kita anak bangsa untuk bersama-sama mewujudkan kondisi bangsa agar lebih baik.
  2. Indonesia lebih siap menghadapi berbagai ancaman dalam bentuk  apapun tanpa  harus melakukan  penyadapan informasi dari negara lain, apalagi kualitas penyadapan rendah sampai-sampai terungkap dan terlihat oleh negara lain. Apakah australia siap menghadapi segala ancaman? sangat tidak siap, padahal secara finansial lebih kuat dari Indonesia dan secara militer mereka pun mereka pasti mendapat bantuan dari Inggris atau Amerika. Yang menentukan kesiapsiagaan suatu negara adalah mental yang tertempa, mental bangsa Indonesia sudah sangat tertempa menghadapi berbagai ancaman. Saat revolusi kemerdekaan saja dengan peralatan militer yang ala kadarnya Indonesia mampu menghalau sekutu yang menggunakan peralatan militer paling muthakir waktu itu. Hebatnya Indonesia!
  3. Dengan peristiwa ini Indonesia jelas lebih bermartabat dari australia. Tidak perlu melakukan "PENCURIAN" informasi ke negara lain  karena memang hal itu tidak perlu. Pengumpulan informasi saat ini lebih dititikberatkan pada informasi yang bisa memberikan bahan untuk menyusun langkah strategis dalam mencegah tindakan teroris bukan untuk memata-matai suatu negara.
Intinya adalah Indonesia lebih hebat dari australia........ =))




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

host gator coupon Link Bait Service SEO Software