Catatan di Waktu Senggang: Asyiknya Menulis di Blog

Sabtu, 19 November 2011

Asyiknya Menulis di Blog


Kegiatan menulis di blog memang baru saya lakukan beberapa bulan belakangan. Sebenarnya sejak lama keinginan untuk menulis ada tapi baru beberapa bulan belakangan sarana penunjangnya tersedia (komputer dan jaringan internetnya). Memang bisa menulis blog di warnet tapi biayanya termasuk besar dan waktunya tidak bisa fleksibel.

Untuk menulis di blog selain saya membuat blog sendiri saya juga menjadi anggota salah satu komunitas blog dan menulis di website komunitas. Menjadi anggota komunitas selain menambah pertemanan juga untuk memetik pelajaran tentang cara menulis, menyusun kata dan pemakaian kata yang dinamis agar tulisan tidak monoton. Pelajaran yang juga bisa dipetik dari anggota komunitas penulis blog adalah mereka mempunyai ketrampilan menulis yang bagus dan masing-masing penulis mempunyai idealisme dan gaya menulis masing-masing, sangat menarik.

Produktivitas menulis saya masih kecil karena memang saya hanya menggunakan waktu senggang yang ada. Sesuai judul blog saya "Catatan di Waktu Senggang". Bagi seorang karyawan di perusahaan swasta seperti saya energi benar-benar terkuras saat bekerja, jadi waktu di rumah saya gunakan untuk santai dan istirahat. Jika kebutuhan istirahat telah dipenuhi dan ada waktu senggang barulah saya menulis. Saya harap saya mempunyai lebih banyak waktu senggang sehingga saya mempunyai waktu lebih banyak untuk mengasah ketrampilan menulis.

Menulis di blog sangat mengasyikan. Berbagai hal saya tulis di blog seperti opini, beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi yang mungkin bermanfaat bagi sesama dan pengalaman-pengalaman yang lain. Selama beberapa bulan belakangan saya menulis saya sudah merasakan beberapa manfaat:

  1. Waktu senggang saya terpakai untuk hal yang baik dan tetap produktif.
  2. Dengan menulis membantu kesehatan otak karena otak kita gunakan untuk aktivitas ilmiah kreatif. Otak kanan dan kiri bekerja secara seimbang. Otak kiri kita gunakan untuk berpikir secara ilmiah/eksak dan otak kanan kita gunakan untuk menyusun harmonisasi kata-kata dalam tulisan agar enak dibaca.
  3. Keinginan untuk menulis mendorong saya untuk banyak membaca sebagai sumber ide atau juga referensi yang mungkin diperlukan saat menyusun sebuah tulisan. Pengetahuan bertambah dan tidak jarang pengetahuan yang saya peroleh dari membaca bisa diterapkan juga di tempat kerja.
  4. Emosi bisa tersalurkan dengan menulis. Karena setelah menulis saya merasakan kelegaan yang luar biasa sehingga perasaan jadi tenang dan tentram.
Saya berharap agar bisa lebih produktif lagi dalam menulis dan menghasilkan tulisan yang bagus, enak dibaca dan bermanfaat bagi sesama...


5 komentar :

  1. Betul sekali kawan, saya juga merasakan hal itu. diwaktu senggang daripada digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif lebih baik membuat sebuah artikel.

    BalasHapus
  2. yep, idem, menulis membuat kita pintar secara tidak langsung, seperti pribahasa "kepribadian seseorang dapat diketahui dari tulisannya" :D

    BalasHapus
  3. setju bgt, dripda wktu trbuang percuma mnding brbgi lewat blog :)

    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  4. teman-teman, trims telah mampir ke blog saya, sayatelah mengunjungi blog kalian..

    BalasHapus
  5. wow....saya baru nyadar kalau kita menulis, itu artinya kita memberi keseimbangan buat kedua belahan otak kita....;)

    BalasHapus

host gator coupon Link Bait Service SEO Software